DIY Jogja Sepulau jawa Sempat di Sebut Termiskin, ini Alasannya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 12:12 WIB
DIY Jogja Sepulau jawa Sempat di Sebut Termiskin, ini Alasannya.Foto: Istimewa
DIY Jogja Sepulau jawa Sempat di Sebut Termiskin, ini Alasannya.Foto: Istimewa

Sulbar Ekspres - Disebut provinsi termiskin se-Jawa, Pemda DIY pamer angka harapan hidup di DIY yang tinggi. Bahkan Kulonprogo yang disebut sebagai salah satu Kabupaten termiskin selain Bantul menjadi kabupaten dengan usia harapan hidup paling tinggi di Indonesia yaitu 75 tahun, hal ini berarti tertinggi se Indonesia.

Meski sering kontradiksi atau anomali, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di DIY juga perlu jadi acuan penghitungan angka kemiskinan.

Baca Juga: Kalau mau Viral,Pakelah Esensi tapi bukan Viral karena sensasi

Baca Juga: C.Ronaldo Bergaji 3.3 Triliun Namun Memberikan Ranting Buruk di Al Nassr

"Angka harapan sekolah mencapai 15,1 tahun atau penduduk diy sudah minimal mencapai D3, atau tertinggi kedua setelah DKI Jakarta," kata Benny Suharsono, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat 20 Januari 2023.

Benny mengatakan indikator kenaikan kemiskinan tidak bisa dibaca hanya dalam dari hitungan quarter per quarter atau tiga bulan terakhir yang dibandingkan periode yang sama tahun lalu seperti yang di sebut Badan Pusat Statistik (BPS).

Karena proses perjalanan pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan memang bicara quarter to quarter atau akumulasi ke akumulasi. Kemarin dirilis [BPS] adalah dari tiga bulan terakhir naik," ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Budiharto Setyawan menambahkan, mayoritas warga DIY sebenarnya telah memiliki pekerjaan, namun secara statistik kemiskinan DIY dianggap masih tinggi.

Pada Pola konsumsi masyarakat DIY cenderung sederhana dan metode pengukuran statistik belum sepenuhnya bisa menggambarkan paritas daya beli atau purchasing power parity masyarakat DIY yang sebenarnya.

Halaman:

Editor: Azad Fahrudin

Tags

Terkini

Cuaca Ekstrem, Nelayan Bintan di Minta Waspada

Selasa, 31 Januari 2023 | 00:36 WIB

Kejadian Langka, Air Sumur Berubah Menjadi warna Darah

Minggu, 29 Januari 2023 | 22:26 WIB

Sehari Menghilang,Ternyata Hanyut di Saluran Irigasi

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:04 WIB

Laka Kereta Tabrak Truk Pengangkut Mobil di Mojokerto

Kamis, 26 Januari 2023 | 23:16 WIB
X